Senin, 18 Juli 2011

Grand Vitara

Grand Vitara, pertama kali diperkenalkan Suzuki pada tahun 1988. Waktu itu, jenis SUV belum begitu dikenal dan digandrungi. Jumlah produsen yang memproduksinya juga terbatas. Karena itu bisa dikatakan Suzuki adalah sebagai salah satu pionir SUV.

Vitara yang dipasarkan ke seluruh dunia menggunakan beberapa nama lain, Escudo dan Sidekick. Meski aslinya 4 x 4, namun di berbagai negara SUV ini dipasarkan dengan gerak 4 x 2, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, SUV ini lebih dikenal dengan nama Escudo.
Generasi pertama menggunakan mesin 1.600cc. Pada tahun 1998, muncul generasi ke-2 dengan varian lebih beragam. Dimensi lebih besar dan menonjol dengan lekukan bundarnya. Mesinnya bervariasi dari 1.600cc, 2.000cc sampai 2.400cc.

Perbedaan mendasar dua generasi pertama dengan generasi ketiga adalah pada struktur bodi dan rangka. Dua generasi pertama menggunakan rangka ladder yang terpisah dari bodi. Sedangkan versi terbaru, dengan nama Grand Vitara menggunakan unibody. Sedangkan mesin, perlengkapan, keamanan, kenyamanan, entertainment dan sistem kontrolnya lainnya disesuaikan dengan perkembangan teknologi mutahir. Makin canggih dan aplikatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar